PemiluNEWS.com

Friday, Jul 11th

Last update07:58:58 PM

You are here: Home HOME BERITA Quick Count QuickCount LSI: CakNur Unggul di Pilkada Muara Enim

QuickCount LSI: CakNur Unggul di Pilkada Muara Enim

MUARA ENIM - Dari hasil  hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dan Jaringan Isu Publik (JIP) pasangan kandidat nomor urut tiga Muzakir Sai Sohar alias Cakuk - Nurul Aman (CakNur) berhasil unggul  dengan perolehan suara 40,40 persen.

Di posisi kedua pasangan dengan nomor urut satu Asri AG - Rachman Djalili (Asli -Rajas) dengan perolehan 34.20 persen .

"Sementara itu untuk pasangan  nomor urut empat Syahril Djemalip dan Muhammad Giri Ramanda Nazaputra Kiemas (SGM) mendapatkan 14.58% suara dan pasangan Eddy Hermanto - Herfian Sofyan Danal (EH) sebanyak 11.52% suara," ujar Naslim Sarlito, Supervisor Divisi Riset  LSI dan JIP, saat konfrensi pers di Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim, Rabu (5/3).

Naslim menuturkan bahwa, untuk Kabupaten Muaraenim tercatat jumlah mata pilih sebanyak 527.541 dengan 1.296 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk itu mereka mengambil sampel sebanyak 250 TPS yang tersebar secara proporsional dan secara acak di seluruh Kabupaten Muaraenim.

"Setelah itu para relawan di lapangan bekerjasama dengan koordinator wilayah untuk memback up data. Kemudian data dikirim ke sms center dan database lalu dianalisis dan diumumkan," paparnya.

Hasil perhitungan ini, lanjut Naslim, berdasarkan dari data yang masuk sebanyak 95,60 persen dengan tingkat partisipasi pemilih (voter's turn out) sebanyak 76,42 persen  dan sampling error sekitar 1 persen.

Sementara itu untuk distribusi suara berdasarkan hasil perhitungan quick count Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muaraenim berdasarkan wilayah yakni untuk Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kecamatan Benakat, Gunung Megang, Muaraenim dan Ujanmas, pasangan Asli -Rajas sebanyak 19,83 persen , EH 15,81 persen, CakNur  48,82 persen dan SGM  15,54 persen.

Untuk Dapil II, meliputi Kecamatan Abab, Penukal, Penukal Utara, Talang Ubi dan Tanah Abang pasangan Asli -Rajas meraih 56,78 persen, EH 4,80 persen, CakNur 31,38 persen dan SGM 7,04 persen. Sementara itu, pada Dapil III yang meliputi Kecamatan Lubai, Rambang dan Rambang Dangku, pasangan Asli -Rajas mendapatkan 32, 28 persen, EH 17,30 persen, CakNur 41,29 persen dan SGM 9,14 persen.

Sementara itu pada Dapil IV yang meliputi Kecamatan Lawang Kidul, Semende Darat Laut (SDL), Semende Darat Tengah (SDT), Semende Darat Ulu (SDU) dan Tanjung Agung, pasangan Asli - Rajas meraih 9,93 persen, EH 17,18 persen, CakNur 41,46 persen dan SGM 31,43 persen. Terakhir, pada Dapil V yang meliputi Kecamatan Gelumbang, Kelekar, Lembak, Muara Belida, dan Sungai Rotan pasangan Asli - Rajas mendapatkan suara sebanyak 45,11 persen , EH 5,64 persen, CakNur 42,47 persen dan SGM 6,78 persen.

"Dari data tersebut, terlihat bahwa dari angka-angka yang tersebar,  tingkat kepercayaan pemilih terhadap pasangan nomor tiga berada diatas rata-rata bila dibandingkan dengan pasangan yang lain," terangnya.

Sumber: TRIBUNSUMSEL.COM

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan