PemiluNEWS.com

Thursday, Jul 24th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home HOME BERITA Quick Count SAKA Unggul Sementara di Pilkada Aceh Selatan

SAKA Unggul Sementara di Pilkada Aceh Selatan

TAPAKTUAN - Masyarakat Aceh Selatan yang tersebar dalam 18 kecamatan, Sabtu kemarin memberikan hak suara pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah/wakil kepala daerah yang akan memimpin negeri penghasil pala tersebut untuk lima tahun ke depan.

Dari enam pasangan cabup/cawabup yang berkompetisi, keunggulan sementara diraih pasangan nomor urut 3, HT Sama Indra SH/Kamarsyah SSos MM (SAKA) yang diusung Partai Demokrat, PAN, dan PKPB.

Ketua KIP Aceh Selatan, Lian Azwin mengatakan secara umum tidak ada kendala yang dihadapi KIP dalam proses pemungutan suara Pilkada Aceh Selatan, Sabtu 26 Januari 2013. Sejak pagi, warga sudah berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS). Ada 395 TPS yang tersebar dalam 18 kecamatan. “Pada pukul 14.00 WIB penghitungan suara sudah dimulai,” kata Lian yang dihubungi dari Banda Aceh.

Data sementara dari Desk Pilkada Aceh Selatan hingga pukul 18.00 WIB, Sabtu (26/1), pasangan SAKA meraup suara sementara 34.067 atau 30,52 persen dari jumlah suara sah yang masuk sebanyak 111.633 atau 75,50 persen.

Urutan kedua ditempati pasangan nomor urut 5, Muhammad Natsir/Zulkifli (Wapang) yang diusung Partai Aceh (PA). Wapang mengumpulkan suara sementara 23.796 atau 21,32 persen. Berikutnya pasangan nomor urut 2, Muhammad Saleh P SPdi/Ir H Ridwan A Rachman MMT (SAMAN) yang diusung Partai Golkar, PPP, dan PRA membukukan suara sementara 22.389 atau 20,06 persen. 

Pasangan nomor urut 6, Wahyu M Waly Putra SH/Irwan Yasin SE (Wali) yang sebelumnya berada di urutan lima, pada pukul 18.00 WIB naik ke urutan keempat. Pasangan yang diusung koalisi partai ini mengumpulkan suara sementara 14.610 atau 13,09 persen.

Kemudian, pasangan nomor urut 4, Drs HT Darisman/Khaidir Amin SE (DK) yang sempat bercokol di urutan empat turun peringkat ke urutan lima pada pukul 18.00 WIB. Pasangan yang diusung PKPI dan SIRA ini mendulang suara sementara 14.336 atau 12,84 persen.

Pasangan nomor urut 1, Hasmar Yulia SPd/Mudasir SKom (Gempar) yang maju lewat jalur independen hingga berita ini diturunkan tadi malam masih di urutan enam dengan perolehan suara sementara 2.435 atau 2,18 persen dari total suara sah.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Aceh Selatan seluruhnya 147.862 pemilih. Dari jumlah DPT tersebut, jumlah suara sah yang sudah masuk ke Desk Pilkada Aceh Selatan hingga pukul 18.00 WIB sebanyak 111.633 atau 75,50 persen. Sedangkan suara yang rusak seluruhnya 932, dengan rincian di Kecamatan Labuhan Haji 627, Meukek 138, Tapaktuan 125, dan Kluet Tengah 42 suara rusak.(tz)

‘Pesta’ di Negeri Pala
KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyatakan proses pemungutan suara Pilkada Aceh Selatan berlangsung aman dan tertib. “Kami memantau hingga ke kawasan pedalaman. Prosesnya berjalan tertib,” lapor Anggota KIP Aceh, Yarwin Adi Darma yang memantau langsung jalannya pemungutan suara Pilkada Aceh Selatan, Sabtu 26 Januari 2013.

Selain Yarwin, KIP Aceh juga menurunkan dua komisionernya ke Aceh Selatan untuk melihat dan memantau langsung proses pilkada, yaitu Tgk Akmal Abzal dan Robby Syahputra.

Menurut Yarwin, kondisi tertib pada saat pemungutan suara tidak hanya di kawasan perkotaan tapi juga di pedalaman Kecamatan Tapaktuan, Samadua, Sawang, Meukek, dan kawasan lainnya.

Menurut Yarwin, ini merupakan pilkada pertama di awal tahun 2013. Pihaknya berharap suasana yang kondisif saat pemungutan suara ini dapat terus berlangsung hingga penetapan hasil nantinya.

“Kami juga akan terus melakukan supervisi terhadap proses demi proses. Setelah ini nanti akan ada tim KIP Aceh lainnya yang akan memantau perkembangan lanjutan. Kami berharap jangan ada tindakan yang bisa merusak suasana yang kondusif ini,” ujar Yarwin.

Laporan juga diterima dari Akmal Abzal yang memantau di lokasi Manggamat, Sawang, dan sekitarnya. “Sejauh pantauan kami proses pemungutan suara berjalan lancar dan normal. Apa yang terjadi hari ini benar-benar menjadi pesta rakyat,” ujar Akmal.

Menurutnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Aceh Selatan cukup baik, namun pihaknya belum dapat memastikan secara persentasi karena hal itu baru dapat diketahui setelah adanya rekap di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Ketua KIP Aceh Selatan Lian Azwin yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya akan menjalankan semua tahapan, sampai nanti pada penetapan hasil. Sedangkan rekap di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dijadwalkan pada 27-29 Januari 2013. “Terima kasih kami kepada semua pihak. Kami berharap semua calon dapat menerima hasilnya dengan jiwa besar,” demikian Lian Azwin.

Sumber: aceh.tribunnews.com

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan