PemiluNEWS.com

Friday, Jul 25th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home HOME BERITA Quick Count Quick Count JSI: Pasangan Nusa Menangi Pilgub Sultra 50,03 Persen

Quick Count JSI: Pasangan Nusa Menangi Pilgub Sultra 50,03 Persen

Hasil quick count yang dilakukan Jaringan Suara Indonesia (JSI), menempatkan pasangan Nur Alam - Saleh Lasata sebagai pemenang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.
Hasil tersebut disampaikan dalam Konferensi Pers Hasil Quick Count Pilgub Sultra di salah satu hotel di Kendari, Minggu (4/11/2012) sore.

Dalam hasil quick count yang dilakukan di 300 sampel TPS, pasangan Nur Alam - Saleh Lasata meraih suara 50,03 persen. Sementara pasangan Buhari Matta-Amirul Tamim memperoleh 26,73 persen suara, dan pasangan Ridwan-Haerul Saleh mendapatkan 23,24 persen suara.

"Margin error tidak lebih dari 1 persen, jadi kemungkinan hasilnya tidak akan berbeda jauh," jelas Direktur Riset JSI, Eka Kusmayadi kepada wartawan.

Hasil quick count diambil dari 294 TPS di 12 Kabupaten dan Kota se-Sultra, atau 98 persen dari jumlah 300 TPS yang direncanakan, dengan jumlah total suara 66.476 suara.

Eka menjelaskan metodologi quick count berdasarkan populasi 1.701.698 pemilih yang mencoblos di 4.743 TPS. Dari jumlah itu dipilih sampel pada 300 TPS

Tingkat partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 64,2 persen. Jumlah ini masih dianggap normal.

Keputusan resmi hasil perolehan suara PilGub Sultra tetap menunggu hasil perhitungan suara dari KPU RI. KPU RI saat ini mengambil alih pelaksanaan Pilgub Sultra, sebab lima anggotanya telah dipecat pekan lalu, akibat pelanggaran kode etik.

Direktur Strategi JSI Popon Lingga Geni menjelaskan jalannya Pilgub di Sultra berjalan secara lancar. Hanya dijumpai kendala teknis berupa banyaknya pemilih yang terdaftar pada DPT namun tidak mendapatkan kartu pemilih atau surat panggilan untuk mencoblos ke TPS. (fri)

Sumber: KENDARINEWS.COM

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan