PemiluNEWS.com

Monday, Jul 14th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home HOME BERITA KPU Pusat Bawaslu Lantik 72 Anggota Baru Periode 2012-2017

Bawaslu Lantik 72 Anggota Baru Periode 2012-2017

Jakarta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) resmi melantik 72 anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) yang baru. Mereka akan bekerja untuk masa bakti 2012-2017 dan akan ditempatkan di provinsi masing-masing.

"Yang dilantik hari ini berasal dari 24 provinsi. Masing-masing provinsi terdiri dari 3 orang," ujar Ketua Bawaslu RI, Muhammad, usai melantik anggota panwaslu yang baru tersebut di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2012).

Dia memastikan akan segera melantik anggota-anggota Panwaslu dari daerah yang belum terbentuk. Dia menyebut masih ada beberapa daerah yang belum mempunyai anggota Panwaslu, hal itu karena disebabkan oleh beberapa hal.

"Jadi ada 7 provinsi yang masih melakukan pilkada sehingga belum bisa dibentuk Panwaslu yang baru. Provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Bali, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Barat dan Jawa Barat. Sementara untuk Papua dan Aceh itu lebih kepada situasi daerah yang belum mendukung, karena dikhawatirkan ada ketidaksinkronan dengan UU dan pemerintah setempat," terang Muhammad.

Muhammad berharap dengan adanya anggota Panwaslu yang baru, hubungan antara Bawaslu dan KPU dapat berjalan dengan lebih baik dan koordinasi juga lebih lancar. Senada dengan Muhammad, Ketua KPU Husni Kamil Malik berharap ada perbaikan dengan dilantiknya anggota Panwaslu yang baru, terutama di bidang koordinasi.

"KPU tentu akan merasa terbantu sekali dengan adanya Bawaslu, dengan anggota baru ini diharapkan dapat menghasilkan tahapan-tahapan pilkada yang berkualitas," tutur Husni.

Sumber: detik.com
Foto: int

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan