PemiluNEWS.com

Wednesday, Jul 23rd

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA SULAWESI SULAWESI SELATAN DPT Pilgub Sulsel 5,927 Juta

DPT Pilgub Sulsel 5,927 Juta

MAKASSAR, 24 KPU kabupaten/kota di Sulsel resmi menetapkan rekap daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilgub Sulsel, 22 Januari 2013 mendatang.

Berdasar data yang dihimpun FAJAR dari KPU kabupaten/kota di Sulsel, jumlah DPT pilgub Sulsel yang ditetapkan KPU sebanyak 5.927.336 juta jiwa. Dari 24 kabupaten/kota itu, Makassar menempati urutan teratas dengan jumlah DPT sebesar 1.046.285 jiwa.   

Jumlah DPT tersebut berkurang sebanyak 218.815 jiwa dari jumlah DP4 sebanyak 1.265.100. Sedang DPS sebelumnya ditetapkan sebanyak 1.049.700 orang.

Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Makassar, Izzdin Idrus menyebutkan baik DP4 dan DPS, pemilih Makassar mengalami penurunan. Peningkatan jumlah pemilih di Makassar ini tidak terlalu signifikan dibanding pemilu presiden (pilpres) 2009 lalu. Saat itu, jumlah DPT pilpres Makassar ditetapkan sebanyak 1.016.000 orang.

Izzdin menyebut, pengurangan daftar pemilih dari DP4 dan DPS itu karena berbagai alasan yakni pemilih ganda, sudah meninggal dunia, dan alasan lainnya.  

Ketua Devisi Teknis Pemilu KPU Sulsel, Ziaur Rahman Mustari menyebut pleno penetapan DPT di 24 kabupaten/kota berjalan sesuai tahapan yang telah ditetapkan. Rencananya KPU Sulsel akan melakukan rapat koordinasi dengan KPU se-Sulsel pada 25-26 November mendatang. "Kita undang semua dulu KPU kabupaten/kota sebelum kita plenokan 27 November," kata Ziaur Rahman.      

Sebelumnya, sempat terjadi kesalahan input daftar pemilih di KPU Maros hingga menetapkan DPT sebesar 351.672 orang. Namun setelah dicermati KPU Sulsel dengan melihat DPS yang ditetapkan, KPU Maros kemudian melakukan koreksi ulang.

"Hasil koreksi yang dilakukan KPU Maros dan ditetapkan tadi itulah yang bersifat final. Sebelumnya memang sudah ada ditetapkan, tapi ternyata ada kesalahan dalam penginputan data sehingga dilakukan koreksi ulang. Hasilnya wajib pilih Maros di angka 238 ribu orang," kata Ziaur Rahman.

Kemarin, secara serentak, seluruh kabupaten kota se-Sulsel menggelar pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap. Seperti dijadwalkan, KPU Sulsel akan menggelar pleno lanjutan untuk menetapkan DPT pilgub Sulsel. 

Sumber: Fajar.co.id

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan