PemiluNEWS.com

Thursday, Jul 10th

Last update07:58:58 PM

You are here: Home PEMILUKADA SULAWESI SULAWESI SELATAN Pilgub Sulsel Masuk Zona Merah

Pilgub Sulsel Masuk Zona Merah

Pilgub Sulsel masuk dalam daftar zona merah Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkoplhukam) RI yang dipimpin oleh Joko Suyanto. Pilgub Sulsel merupakan salah satu dari lima pilgub yang masuk zona merah.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Muhammad menjelaskan, istilah zona merah tersebut bermakna Pilgub Sulsel mendapat perhatian ekstra pemerintah pusat. Indikatornya, selain karena dinamikanya yang tinggi juga karena potensi konflik yang bisa ditimbulkan besar.

“Potensi konfliknya besar karena yang akan bertarung itu, selain incumbent, juga Pak Ilham dan Pak Rudi ini sementara menjabat bupati dan wali kota sehingga itu dilihat sebagai sebuah potensi-potensi yang bisa saja kalau tidak dikawal atau tidak dipersiapkan secara baik akan menimbulkan gesekan-gesekan.”

“Tentu sebelumnya pemerintah pusat, KPU, dan bawaslu sekali lagi ingin memastikan bahwa pemilukada kita mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan harapan tanpa ada hal yang mencederai atau ada gesekan-gesekan yang terlalu dramatis gitu,” kata Muhammad usai menghadiri Rakor Stakeholder dan Sosialisasi Pengawasan Pemilukada, di Hotel Aryaduta, Makassar, Jumat, 28 September.

Dia menjelaskan, semua pejabat-pejabat kepala daerah incumbent tersebut dikhawatirkan memanfaatkan gerbong-gerbong birokrasinya (PNS) untuk melakukan infiltasi langsung ke pemilih. “Sehingga ini yang mau kita cegah. Karena memang potensi Pemilukada di Sulsel itu dari periode ke periode memang selama ini sangat dinamis. Jadi itu yang kita lihat,” ujarnya.

Dia melanjutkan, selain berkoordinasi dengan Menkopolhukam, Bawaslu, dan KPU juga berkordinasi dengan Mabes Polri bahkan hingga turut melibatkan Badan Intelejen Negara (BIN) untuk memastikan keamanan Pilgub Sulsel.

“Kita sudah berkordinasi secara intens dengan Pak Timur Pradopo (Kapolri), dengan BIN, dalam rangka mengawal semua pemilukada-pemilukada yang kita beri bintang (zona merah.red). Istilahnya diberi bintang, supaya diperhatikan ekstra tanpa mensimplikasi atau menganggap enteng pemilukada yang lain,” katanya.

Dia membeberkan, selain Sulsel, daerah lain yang dianggap zona merah adalah Provinsi Papua, Sumatera Utara, Jawa Timur, dan pilgub yang baru saja selesai, DKI Jakarta.

“Alhamdulillah Pilgub DKI Jakarta kemarin karena perhatian kita maksimal, optimal, sehingga kita bisa meredam. Pelanggaran tidak massif kan? Memang ada pelanggaran-pelanggaran kecil tapi tidak massif,” imbuhnya. (del/soe)

Sumber: cakrawalaberita.com

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan