PemiluNEWS.com

Monday, Jul 28th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA KALIMANTAN KALIMANTAN TENGAH 7 Kabupaten di Kalteng Pilkada Serentak

7 Kabupaten di Kalteng Pilkada Serentak

PALANGKARAYA, - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah menetapkan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tujuh kabupaten dilakukan secara serentak.

Tujuh kabupaten itu adalah Murung Raya, Sukamara, Lamandau, Katingan, Barito Timur, Pulang Pisau, dan Seruyan.

Ketua KPU Kalteng Faridawaty Darland Atjeh di Palangkaraya, Senin (13/2), mengatakan, pilkada bersama akan diselenggarakan pada 4 April 2013. Tanggal itu ditetapkan karena masa jabatan para kepala daerah di kabupaten-kabupaten yang bersangkutan akan berakhir pada Juli 2013. 

Tanggal berakhirnya masa jabatan setiap bupati berbeda-beda tetapi semua bulan Juli.

Namun, manfaat yang lebih penting adalah mencegah mobilisasi massa. Jika tanggal pemungutan suara berbeda-beda, massa bisa dipindah-pindah tim sukses pasangan calon kepala daerah.

Selain itu, pilkada serentak dapat membuat peluang pemilih yang mencoblos dua kali di kabupaten berbeda, lebih kecil. Permohonan bantuan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng untuk mengamankan daerah tempat penyelenggaraan pilkada pun cukup diajukan satu kali.

Hari kerja

Pihak KPU Kalteng menawarkan pilkada diadakan hari Kamis, tanggal 4 April. Sebelumnya, ada usulan dari pengurus KPU kabupaten yaitu, Sabtu tanggal 6 April 2013, papar Faridawaty.

Akan tetapi, Kamis kemudian dipilih karena hari itu bank buka. Penarikan dana dari bank diperlukan untuk membayar panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok penyelenggaraan pemungutan suara (KPPS). Sementara, pada hari Sabtu, bank umumnya tutup.

Dalam mencapai kesepakatan, para pengurus KPU Kalteng dan kabupaten/kota tidak menemui kesulitan berarti dalam menetapkan tanggal pemungutan suara. Penjelasan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sudah jelas. Jadi, tidak ada kendala, kata Faridawaty.

Tahapan persiapan berupa pemutakhiran data pemilih di kabupaten-kabupaten tersebut sudah akan dilakukan pada tahun 2012. Setelah itu, dua daerah lain juga akan melakukan pilkada serentak yakni Kota Palangkaraya dan Kabupaten Barito Selatan pada 5 Juni 2013.

Lalu, pilkada di Kabupaten Gunung Mas akan digelar 5 September 2013. Sementara, pilkada di Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan pada 13 November 2012, kata Faridawaty.

Tercapai mufakat

Sekretaris KPU Kalteng Rigumi mengatakan, kesepakatan mengenai tanggal pilkada secara serentak dengan mudah tercapai melalui mufakat. Luar biasa. Sangat positif. Dalam sehari tuntas. Ada pengaruh hirarki dari para pengurus KPU Kalteng yang dipatuhi KPU kabupaten/kota, paparnya.

Rigumi berharap, kesepakatan tersebut dapat dijalankan dengan baik dan pilkada serentak bisa berjalan lancar serta aman. Kalteng terdiri dari 14 kabupaten/kota. Sementara, pilkada tingkat provinsi tersebut baru akan diselenggarakan pada tahun 2015.


Sumber: KOMPAS.com

Berita Terkait

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan