PemiluNEWS.com

Wednesday, Jul 23rd

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA KALIMANTAN KALIMANTAN TENGAH Ini Nomor Urut Calon Walikota Palangka Raya

Ini Nomor Urut Calon Walikota Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya akhirnya menetapkan nomor urut pasangan calon yang dinyatakan lolos verifikasi, Kamis (18/4).

Penetapan tersebut dilakukan oleh KPU Kota Palangka Raya melalui Rapat Pleno dengan agenda pengundian/penentuan dan penetapan nomor urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palangka Raya di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, pukul 13.30 WIB.

Rapat tersebut dipimpin Ketua KPU Kota Palangka Raya Sastriadi, didampingi komisioner lainnya, Harmain Ibrohim, Sa’aduddin, Apriwati Bustan, Endang Heriyadi dan Sekretaris KPU Sabirin Muchtar. Hadir pula Ketua DPRD Provinsi Kalteng R Atu Narang, anggota KPU Provinsi Awongganda W Linjar, unsur FKPD Kota Palangka Raya.

Suasana pencabutan nomor urut berlangsung semarak. Semua calon hadir bersama pendukungnya. Mereka meneriakan yel-yel berupa slogan yang merupakan singkatan nama calon. Namun sayangnya tidak semua pendukung bisa masuk ruangan tersebut. Panitia hanya mengizinkan pasangan calon didampingi 15 orang pendukungnya, karena kapasitas ruangan yang terbatas.

Acara itu diawali dengan pemanggilan ketua tim kampanye untuk mencabut nomor. Diawali tim pasangan Faridawaty Darland Atjeh-Sodikul Mubin (FaDi), kemudian Edison-Hadiansyah (EdiSyah), M Riban Satia-Mofit Saptono Subagio (RiMo), Zons Herry-Aprie Husin Rahu (ZonA), Tuty Dau-Maryono (DaMar), dan terakhir Sudadi-Ida Bagus Suprayatna (DadiBagus).

Hasilnya, FaDi nomor urut 1, ZonA nomor urut 2, RiMo nomor urut 3, Edisyah nomor 4, DadiBagus nomor urut 5, dan DaMar nomor urut 6. Nomor urut ini disambut dengan gegap gempita. Hampir seluruh pendukung masing-masing calon tidak henti-hentinya meneriakan yel-yel sebagai bentuk dukungan dan kebanggaan terhadap calon.

Terlebih saat semua pasangan calon membuka nomor urut, tampak rasa suka yang luar biasa dari semua pendukung. Mulai dari hanya yel-yel yang semakin membahana, sampai lonjakan yang luar biasa dari beberapa pasangan calon yang sudah resmi mendapatkan nomor urut.

Ketua KPU Sastriadi mengatakan, ini merupakan salah satu tahap awal dari pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Palangka Raya. Masih banyak tugas dan beban berat yang diemban sampai suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi ini.

"Setelah ini terdapat tahapan lanjutan yakni kampanye mulai 19 Mei sampai 2 Juni 2013. KPU dalam hal masalah ini akan terus dan terus bekerja dengan keras untuk dapat menyelesaikan tahapan ini dengan sukses," kata Sastriadi.

Kapolres Palangka Raya AKBP Hendra Rochmawan saat diwawancarai terkait pengamanan, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sedikitnya 50 personel untuk mengamankan pencabutan nomor ini.

"Untuk pelaksanaan hari H (pemungutan suara 5 Juni 2013), akan diterjunkan sepertiga dari kekuatan yang dimiliki kepolisian. Tujuan dari pengamanan ini, agar pelaksanaan Pemilu Kada di Kota Palangka Raya dapat berjalan dengan aman, damai, berlandaskan falsafah Budaya Betang," kata Hendra.

Sumber: media.hariantabengan.com

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan