PemiluNEWS.com

Monday, Jul 14th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA JAWA BALI JAWATENGAH Survei Cagub Jateng: Bibit Teratas, Jokowi Kedua

Survei Cagub Jateng: Bibit Teratas, Jokowi Kedua

SEMARANG, - Setahun menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng, nama Bibit Waluyo melenggang sendirian di daftar tokoh yang memiliki elektabilitas terbaik di mata rakyat. Mantan Pangkostrad itu tercatat memiliki elektabilitas 17,9 persen, disusul Wali Kota Surakarta Joko Widodo 6,9 persen.

Perhitungan ini didapat dari survey Lembaga Pengkajian Survei Indonesia (LPSI) yang dididirikan akademisi Universitas Diponegoro M Yulianto. "Pak Bibit masih teratas diikuti Pak Jokowi. Tetapi masa mengambang sangat besar, sekitar 64 persen," katanya, Rabu (25/4).

Selain dua nama tersebut, tokoh yang mempunyai elektabilitas lumayan yakni Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo (3,4 persen), Wakil Ketua DPR RI asal PAN Taufik Kurniawan (3,2 persen), dan Wakil Ketua DPRD Jateng dari PKS Abdullah Fikri Faqih (3,2 persen).

Di belakang mereka, ada Ketua DPD I Partai Golkar Wisnu Suhardono (2,3 persen), dan Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono (1,2 persen). Adapun Ketua DPD PDIP Jateng Murdoko, Wakil Gubernur Rustriningsih, dan Kepala Dinas Ciptakaru M Tamzil masing-masing hanya mendapat satu persen. "Pak Hadi Prabowo yang sekda (Jateng) itu cuma 0,9 persen," bebernya.

Yulianto mengungkapkan survei dilakukan pada 2500 orang di 35 kabupaten kota di Jateng pada akhir Januari lalu. Setiap daerah diambil tiga hingga empat kecamatan dan per kecamatan dipilih beberapa desa secara acak dengan margin eror sekitar 2 -3 persen. "Massa mengambang sangat besar sekitar 64 persen. Ini akan jadi ladang pertarungan pada pilgub 2013," jelasnya.

Sumber:  suaramerdeka.com
Foto: int*

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan