PemiluNEWS.com

Friday, Aug 01st

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA JAWA BALI DKI JAKARTA 8 FAKTOR JOKOWI KALAHKAN FOKE

8 FAKTOR JOKOWI KALAHKAN FOKE

Versi Lingkaran Survei - Jokowi-Ahok lebih disukai masyarakat DKI Jakarta karena karakternya.
Manager Riset Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Setia Darma mengatakan ada beberapa penyebab Jokowi-Ahok menang dari Foke-Nara. Pertama, kekecewaan dan ketidakpuasan publik kepada pasangan incumbent.

"Kinerja Foke dinilai kurang. Ada 36 persen publik yang tidak puas," kata Setia Darma di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, 20 September 2012.

Kedua, Jokowi-Ahok lebih disukai masyarakat DKI Jakarta karena karakternya. "65,2 persen Jokowi-Ahok lebih disukai oleh masyarakat Jakarta," kata dia.

Ketiga, blunder isu. Sebanyak 51,6 persen masyarakat tidak menyukai isu SARA. Keempat, masyarakat ingin perubahan. "Kepercayaan publik jatuh kepada Jokowi karena jemu dengan permasalahan. Dan 87,7 persen masyarakat ingin perubahan," ungkap dia.

Kelima, limpahan dukungan dari babak penyisihan. Pada hari-hari terakhir terjadi migrasi suara yang masif. "Pendukung HNW-Didik dan Alex-Nono lebih ke Foke-Nara. Sementara pendukung Faisal-Biem dan Hendardji-Reza cenderung ke Jokowi-Ahok," jelasnya.

Keenam, lebih banyak pendukung Foke yang golput, sementara pendukung Jokowi maksimal. Ketujuh, media sosial lebih efektif mempengaruhi pemilih DKI Jakarta. Kedelapan, sosialisasi efektif. "Meskipun atribut sosialisasi Foke banyak, namun cara Jokowi lebih efektif menarik simpati publik," ujarnya.

Meski sudah merilis kemenangan Jokowi sebesar 53,68 persen, LSI tetap menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU DKI Jakarta. "Kemungkinan untuk berubah sangat kecil, walaupun hasil resmi tetap di KPUD," ujarnya. (umi)

Sumber: VIVAnews
Foto: int

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan