PemiluNEWS.com

Friday, Jul 25th

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA JAWA BALI BANTEN Iti Octavia Jayabaya unggul disurvei LKPI & SRMC

Iti Octavia Jayabaya unggul disurvei LKPI & SRMC

RANGKASBITUNG – Tingkat popularitas dan ektabilitas bakal calon bupati (Balonbup), Iti Octavia Jayabaya untuk sementara tertinggi dibanding Balonbup atau kandidat lain yang sudah menyatakan siap maju pada Pilkada Lebak Oktober 2013 nanti.

Berdasarkan hasil survey resmi Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) periode Mei 2012 lalu itu, dari lima kandidat lainnya  ektabilitas  Iti Octavia Jayabaya yang kini menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Lebak memperoleh suara 33,8 persen. Disusul tempat kedua Amir Hamzah dengan mengantongi suara 16,7 persen.

Posisi ketiga ditempati Andika Hazrumi dengan 6,7 persen, keempat Tb. Dedi “Miing” Gumelar mengumpulkan 3,8 persen dan kelima ditempati Sumantri Jayabaya dengan raihan 4,6 persen. Sisanya tidak disukai 31,1 dan tidak menjawab dan rahasia 34,0 persen.

Selain tingkat ektabilitas, tingkat popularitas Iti Octavia Jayabaya juag unggul jauh dibanding kandidat lain dengan 81,1 persen, disusul Amir Hamzah 63,1 persen, selanjutnya Mardini 52,2 persen, Miing 50,9 persen, Sumantri Jayabaya 40,0 persen.

Hasil lainnya, Kasmin memperoleh 32,1 persen, Ely Mulyadi 24,7 persen, Pepep Faisaluddin 10,0 persen, Agus Wisas 8,9 persen, Ade Sumardi 7,6 persen, Suparman 7,3 persen, Sanuji Pentamerta 6,7 persen, Nanda 4,9 persen dan Tusnu Rochmat 1,3 persen.

“Survey ini kami lakukan dalam rangka mengevaluasi tingkat ektabilitas dan populiritas balonbup Iti Octavia. Yang lain sengaja kami masukkan untuk dijadikan perbandingan dan tolak ukur saja,” ujar Khaerul Umam alias Mameng, salah satu tim pemenangan Balonbup Iti Octavia, Senin (17/9).

Dikatakan Mameng, dalam mengukur tingkat popularitas dan ektabilitas Balonbup yang dijagokannya  pada Pilkada Lebak 2013 nanti, pihaknya tidak menggunakan satu lembaga survey saja, tapi juga  menggunakan lembaga survey Research and Consulting pimpinan Saiful Mujani.

“Berdasarkan hasil survey lembaga yang dipimpin Saiful Mujani ini   Iti Octavia tetap unggul jauh. Tentunya hasil survey ini akan menjadi acuan kami untuk memperbaiki dan mengevaluasi sekaligus memetakan kekuatan kami di titik yang perolehan suaranya lemah,” kata mantan anggota KPUD Lebak 2004-2009 lalu ini.

Selain menentukan ektablitas lima kandidat, kata Mameng, LKPI  juga mencoba melakukan survey khusus untuk dua Iti dan Amir.

“Sekalipun sementara hasilnya Iti lebih bagus tapi kami tetap akan berjuang agar kandodat yang kami dukung lebih tinggi lagi raihan prosentasenya,” kata Mameng.(Ris)

Sumber: bantenpos-online.com

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan