PemiluNEWS.com

Sunday, Jul 13th

Last update07:58:58 PM

You are here: Home PEMILUKADA SUMATERA SUMATERA SELATAN Survei Pilgub Sumsel, Eddy Santana Saingi Alex Noerdin

Survei Pilgub Sumsel, Eddy Santana Saingi Alex Noerdin

Suhu politik di Sumatera Selatan mulai menghangat, jelang pemilihan Gubernur periode 2013-2018. Sejumlah calon diam-diam sudah mempromosikan diri dengan berbagai cara, mulai dari baliho hingga selebaran yang dibungkus aneka kegiatan.

Calon yang bakal maju antara lain: incumbent Alex Noerdin, Eddy Santana Putra (walikota Palembang), Ridwan Mukti (Bupati Musi Rawas), Herman Deru (Bupati OKU Timur), Tantowi Yahya (anggota DPR RI dari Golkar).

Berbagai survei pun bermunculan. Alex Noerdin dalam survei selalu bersaing ketat dengan Eddy Santana yang dijagokan PDI Perjuangan. Terkadang unggul, terkadang nomor dua. Survei terbaru yang dilakukan Akses School of Research FISIP Universitas Indonesia menunjukkan Eddy Santana Putra, mengungguli  Alex Noerdin.

Tingkat elektabilitas Eddy Santana Putra, yang akrab disapa ESP ini, menurut versi survei tersebut, berada pada posisi atas (42,8%) yang diikuti Alex Noerdin. Sementara calon lain, seperti Herman Deru (Bupati OKU Timur), Tantowi Yahya, Ishak Mekki (ketua Partai Demokrat Sumsel) dan Ridwan Mukti, perolehannya di bawah 10%.

Hasil survei ini kata pengelola Akses School of Research Fakultas Fisip UI, Komaruddin dilakukan dua bulan terakhir di wilayah Palembang.

Sementara survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia, Eddy Santana juga lebih unggul (49.3%) dibanding Alex Noerdin, yang popularitasnya sedikit merosot pasca pilgub DKI. Tentu saja, angka survei itu masih bisa berubah hingga menjelang hari "H" pemilihan.

Sumber: nusantara.tvonenews.tv
Foto: int

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan