PemiluNEWS.com

Saturday, Aug 02nd

Last update12:16:46 AM

You are here: Home PEMILUKADA SUMATERA RIAU Firdaus Dilantik sebagai Walikota Pekanbaru

Firdaus Dilantik sebagai Walikota Pekanbaru

Pekanbaru, (Analisa). Pasangan Firdaus ST MT dan Ayat Cahyadi dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru periode 2012-2017. Prosesi pelantikan dilakukan dalam sidang paripurna istimewa DPRD Kota Pekanbaru di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru, Kamis (26/1).

Sidang paripurna istimewa itu langsung dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Desmianto. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan dilakukan Gubernur Riau Rusli Zainal mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Pengambilan sumpah jabatan diawali oleh pembacaan Surat Keputusan (SK) Mendagri oleh Kepala Biro Tata Pemerintah Setdaprov Riau Rizka Utama. SK untuk Firdaus sebagai Walikota Pekanbaru bernomor 131.14-34 dan untuk Ayat Cahyadi sebagai Wakil Walikota Pekanbaru SK No. 131.14-35 tertanggal 25 Januari 2012.

Kejadian menarik terjadi saat Gubernur Riau memberikan kata sambutan. Bahkan beberapa teriakan bernada ejekan berlangsung saat Rusli Zainal memberikan sambutan. Misalnya ketika gubernur menyinggung soal maraknya fitnah selama berlangsungnya tahap Pemilukada Kota Pekanbaru.

Mendengar pernyataan itu, hadirin dan undangan yang mayoritas adalah pendukung Firdaus-Ayat langsung meneriakkan kata, "Huuu…."

Teriakan mirip "koor" itu muncul lagi ketika Gubernur Riau Rusli Zainal mendoakan mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husien yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) agar diberikan ketabahan dan kesabaran.

"Beberapa hari lalu mantan Bupati Kampar, Pak Burhanuddin Husin mendapat musibah ditahan KPK, kita doakan semoga beliau diberi kesabaran," ujar gubernur yang langsung disambut suara "huuu" sejumlah undangan.

Sementara itu Firdaus yang ditemui usai pelantikan mengaku telah memiliki program 100 hari yang akan menjadi prioritas dirinya dengan Wakil Walikota Ayat Cahyadi. Program prioritas 100 hari itu antara lain persiapan terhadap pelaksanaan PON XVIII, penanggulangan sampah dan antisipasi banjir, serta meningkatkan pelayanan publik dengan cara membangun infrastruktur.

"Program seratus hari ini akan langsung kami jalankan di awal masuk kerja besok," ungkap Ketua PD Wushu Riau ini.

Di luar hotel tempat pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, sekira 20 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa se-Pekanbaru yang menggelar aksi demonstrasi damai.

Aksi puluhan mahasiswa ini hanya berlangsung di depan pintu hotel. Karena pihak keamanan memang tidak mengizinkan tamu atau pengunjung yang tidak memiliki undangan untuk masuk ke dalam hotel tempat berlangsungnya sidang paripurna DPRD Kota Pekanbaru dengan agenda pelantikan Walikota dan Wakil Walikota itu.

Dalam orasinya, aktivis BEM mengingatkan kepada Firdaus-Ayat sebagai pemimpin baru Kota Pekanbaru untuk tidak melupakan masyarakat yang mendukungnya. "Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru yang baru bisa dilantik karena amanah rakyat. Oleh karena itu jangan sampai mereka berdua mengkhianati amanah rakyat," tukas salah satu mahasiswa dalam orasinya. (dw)

Sumber & Foto: analisadaily.com

Berita Terkait

Jawa Barat

Jawa Timur

Papua

Kalimantan Timur

Bengkulu

SULAWESI UTARA

Sumatera Utara

Sumatera Selatan